Kami siap menjawab pertanyaan Anda. Mohon sebutkan nama dan pertanyaan Anda! Jam Kerja Senin – Sabtu dari pukul 9:00 – 17:00 WITA
Jasa Video Shooting | APPKEY | Cara membuat video marketing untuk bisnis
18384
page-template,page-template-full_width,page-template-full_width-php,page,page-id-18384,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-5.6,vc_responsive
 

Cara membuat video marketing untuk bisnis

Telepon: 0361-23-8091 / 0361-474-2460

Jam Kerja Senin – Sabtu dari pukul 9:00 – 17:00 WITA

Ingin membuat video, tetapi, bagaimana caranya?

Beberapa perusahaan yang baru pertama kali memproduksi video untuk perusahaannya, seringkali dihadapkan pada rasa khawatir karena tidak tahu persis apa yang harus dilakukan dalam proses produksi video hingga akhir.

 

Oleh karena itu, berikut akan dijelaskan alur kerja produksi video di APPKEY sehingga siapapun tidak perlu khawatir karena dapat terlibat dalam proses pembuatan film.

Diskusi/Menyelesaikan Masalah

Tahap 1 Diskusi/Menyelesaikan Masalah

Pertama-tama, Anda perlu berdiskusi dengan kami terlebih dahulu mengenai latar belakang dan tujuan Anda dalam membuat video. Berdasarkan hasil diskusi tersebut, kami akan mengklarifikasi masalah yang harus dipecahkan dan memasukkannya ke dalam tujuan, perencanaan video, dan tindakan yang selanjutnya perlu dilakukan. Perusahaan yang ‘entah bagaimana’ juga dapat melakukan pertimbangan yang lebih jelas melalui diskusi berulang dengan konsultan APPKEY.

Contoh Isi Diskusi

  • Latar belakang produksi video
  • Penggunaan/tujuan
  • Tujuan akhir
  • Target
  • Penggunaan scene (adegan)
  • Pesan yang ingin disampaikan
  • Persyaratan yang diharuskan/diinginkan
  • Bentuk pengiriman, waktu pengiriman
  • Anggaran
Saran

Tahap 2 Saran

Kami akan memberikan saran perencanaan video secara garis besar untuk menyelesaikan masalah dan mencapai tujuan Anda. Kami juga menyajikan penawaran yang mendeskripsikan biaya produksi secara terperinci bersamaan dengan ringkasan proposal mengenai konten video seperti apa, pada jadwal seperti apa dan bagaimana video tersebut akan diproduksi.

Isi Saran

  • Pengaturan kondisi yang diberikan
  • Analisis pasar, survei persaingan
  • Mengeluarkan poin perbandingan
  • Pembuatan pesan dan konsep
  • Spesifikasi (skala/pemeran/cakupan hari dll)
  • Struktur, arah produksi
  • Sistem produksi, profil staf
  • Jadwal produksi

Isi Penawaran

Biaya Perencanaan Produksi

Biaya dalam penyusunan perencanaan : Biaya perencanaan produksi video ditentukan berdasarkan konten yang telah diterima sebelumnya, biaya berupa spesifikasi konfigurasi serta script.

 

Biaya produksi : Biaya personil bagian produksi/producer yang mengelola perkembangan dan kualitas sambil melakukan pengawasan produksi.

 

Biaya pengarah : Biaya personil director yang terlibat dalam mengarahkan video.

Biaya Peralatan Photography

Biaya pengambilan gambar : Biaya personel yang diperlukan untuk fotografi. Termasuk juga director, photographer, lighting, audio, dan asisten, serta kebutuhan akan personil produksi tergantung pada jumlah konten dalam pengambilan gambar.

 

Biaya studio : Biaya sewa studio yang digunakan berdasarkan isi konten.

 

Biaya cast/model : Biaya penampilan aktor atau model. Jumlah biaya tergantung pada komposisi gambar, konten yang ditampilkan dan tujuan masing-masing.

 

Biaya transportasi : Biaya sewa transportasi berupa sewa kendaraan menggunakan kendaraan dari perusahaan atau sewa mobil untuk membawa peralatan shooting ke lokasi pengambilan gambar.

 

Biaya peralatan : Biaya penyewaan peralatan seperti crane-shot dan rail cams untuk memindahkan kamera, lighting, dan peralatan audio dengan lancar. Peralatan yang diperlukan berbeda tergantung dari isi konten yang diproduksi.

Misalnya, terdapat berbagai jenis kamera yang digunakan dalam produksi video misalnya kamera jinjing yang ringan dan dapat dibawa kemanapun serta kamera digital. Ada kamera yang digunakan untuk mengambil gambar portrait, kemudian ada juga kamera yang dapat menangkap gambar yang bergerak dengan cepat, biaya-biaya akan dikenakan berbeda tergantung dari peralatan kamera yang digunakan.

 

Biaya transportasi dan akomodasi : Biaya sewa penginapan atau transportasi menggunakan pesawat ketika mengambil gambar di tempat yang jauh.

 

Biaya karya cipta : Biaya pembuatan atau pembelian kelengkapan alat peraga yang diperlukan untuk pengambilan gambar.

 

Biaya stylist dan make up artist (MUA) : Biaya tenaga make-up artist dan stylist yang diatur sesuai dengan produksi video. Biaya stylist bervariasi tergantung pada kostum yang digunakan.

Biaya Proses Editing

Biaya pengeditan : Biaya personil yang terlibat dalam proses editing video.

 

Biaya Music Effect : Biaya untuk membeli atau menggunakan musik yang dimasukkan sesuai dengan video atau biaya dalam produksi musik original.

 

Biaya MA (Music Production) : Biaya dalam menggunakan studio rekaman dan teknisi. Proses penyelesaian akhir seperti rekaman narasi dan memasukkan musik yang biasa disebut MA.

 

Biaya narasi : Biaya personil yang terlibat dalam pembuatan narasi/narator. Biaya bervariasi sesuai dengan pengalaman narrator dan penggunaan konten video.

 

Biaya material : Biaya pembelian/penggunaan gambar, video, CG dan bahan ilustrasi yang digunakan dalam produksi video, serta biaya produksi.

 

Biaya pembuatan Master DVD : Biaya untuk menyatukan video yang telah selesai dan menu untuk membuat DVD disc.

 

Biaya Press DVD : Biaya untuk memproduksi sejumlah DVD. Apabila melakukan penjualan terhadap DVD atau ketika ingin memiliki stabilitas dalam pemutaran video, serta menyalin sejumlah besar salinan video bahkan hingga 100 kopi, maka disarankan untuk menggunakan teknik Press DVD ini.

 

Biaya Copy DVD : Biaya terjangkau untuk menduplikat/memperbanyak DVD tanpa menggunakan teknik Press DVD. Umumnya digunakan dalam jumlah berkisar antara 1 hingga 100 kopi. Terdapat kelemahan seperti pemutaran tidak dapat dilakukan karena tergantung pada kompatibilitas DVD player, meskipun keuntungan lainnya adalah waktu penyalinan dapat dilakukan dengan cepat dan sangat sederhana.

Pemesanan

Tahap 3 Pemesanan

Harap pastikan rincian proposal dan isi penawaran, jika tidak ada masalah, kontrak kerja-sama dan formulir pemesanan akan diberikan untuk melakukan pemesanan secara formal. Dalam hal produksi animasi, Anda perlu untuk membeli produk yang tidak terlihat, jadi tidak hanya konten berupa proposal, tetapi Anda juga perlu memastikan ruang lingkup layanan dan hak-hak terkait dalam surat pesanan pembelian atau kontrak. Jika Anda memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk bertanya kepada penanggung jawabnya.

Item penting yang perlu diperiksa saat melakukan pemesanan.

Ruang lingkup layanan

Penting untuk memastikan secara tertulis bahwa tidak ada perbedaan persepsi antara berbagai layanan, seperti apakah isi proposal atau estimasi penawaran telah dimasukkan dalam pesanan pembelian tanpa kelalaian atau tidak.

Tentang hak cipta

Berbagai hak terkait hak cipta seperti hak menggunakan pemeran dan musik akan muncul dalam pembuatan animasi. Penting untuk memastikan siapa yang memiliki hak atas setiap hak cipta dalam kontrak dan seberapa jauh video dapat digunakan.

Ketentuan kerahasiaan

Video-video seperti video pelatihan dalam perusahaan dan video yang digunakan sebagai alat penjualan dapat mengandung informasi rahasia dalam perusahaan. Anda perlu untuk menyiapkan langkah-langkah untuk menghindari kebocoran informasi, seperti memasukkan ketentuan untuk menjaga kerahasiaan ke dalam kontrak.

Desain Perencanaan

Tahap 4 Desain Perencanaan

Kami akan mewujudkan rencana tersebut segera setelah kami menerima pesanan secara resmi.

 

Langkah pertama adalah membuat skenario video atau skrip. Di samping narasi yang spesifik, di sini juga tertulis jenis animasi dan dalam urutan apa animasi diatur. Setelah itu, akan dibuat jalan cerita agar pekerjaan dapat lebih mudah dimengerti. Gambaran mengenai jalan cerita akan membuat skenario lebih rinci dan menunjukkan interaksi antara pidato atau narasi dengan potongan video secara spesifik. Gambar jalan cerita ini mungkin juga tidak dibuat tergantung dengan perencanaan animasi.

Produksi Konten Animasi

Tahap 5 Produksi Konten Animasi

Dari sini Anda akan memasuki tahap pekerjaan produksi secara spesifik. Konten yang diperlukan dibuat sesuai dengan animasi yang akan diproduksi.

Dalam hal pengambilan gambar.

1. Persiapan pengambilan gambar

LocaHun (Location Hunting) : Ini adalah singkatan dari location hunting yang berarti melakukan survei lokasi pengambilan gambar sebelum perekaman yang sebenarnya dilakukan. LocaHun tidak hanya memastikan lokasi pengambilan gambar, tetapi juga meminta izin, peralatan yang diperlukan, metode pengambilan gambar, jadwal dan sebagainya.

 

Casting : Audisi akan dilakukan jika memerlukan model dan aktor.

2. Daftar pemain

Pembuatan (jadwal pengambilan gambar).

 

Dalam daftar pemain tertulis bagaimana pergerakan benda dan orang pada hari pengambilan gambar sepanjang deretan waktu.

3. Pelaksanaan pengambilan gambar

Pada hari pengambilan gambar, klien diminta untuk memeriksa apakah konten pengambilan gambar dilakukan sesuai dengan rencana.

Dalam hal produksi ilustrasi.

1. Membagikan gambaran dari selera yang diinginkan

Untuk membagikan gambaran yang sudah jadi, mencocokkan gambaran dengan suasana tulisan tangan, suasana yang indah dan lain-lain. Menemukan ilustrasi yang sesuai dengan gambaran melalui internet dan lain-lain adalah hal yang umum dilakukan.

2. Pembuatan gambaran kasar

Untuk memastikan pose dan selera, sampel ilustrasi original akan dibuat. Pada tahap ini gambar tidak akan dibuat secara detail.

3. Produksi utama

Setelah gambaran selesai, produksi utama akan dimulai. Setelah mengulangi revisi yang diperlukan, pastikanlah aliran ilustrasi di timeline yang sebenarnya.

Pengeditan Video/Animasi

Tahap 6 Pengeditan Video/Animasi

Pengeditan video/animasi akan dilakukan dengan menggunakan gambar, foto, bahan logo, ilustrasi dan lain-lain yang telah diambil. Tidak hanya menghubungkan bahan animasi, animasi akan diselesaikan menjadi video tunggal setelah menambahkan desain dan beberapa pengarahan.

Dalam hal pengambilan gambar.

1. Pengeditan video/animasi

Berdasarkan berbagai data seperti bahan pengambilan gambar, foto, ilustrasi, CG dan lain-lain, animasi akan diedit sesuai dengan alur skenario. Jenis pengeditan bervariasi dari pengeditan sederhana yang memotong materi sesuai dengan skenario dan menyisipkan telop, pengeditan yang menggunakan pengarahan dan gerakan terperinci, hingga pengeditan yang terdiri dari banyak komposisi/struktur.

 

Kami akan berkonsultasi dengan klien untuk memutuskan seberapa jauh animasi akan dibentuk pada tahap awal naskah. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin diminta untuk memastikannya dalam keadaan sudah dibuat sampai pada bagian yang detail, tetapi ada juga kasus di mana Anda diminta memeriksa struktur pada tahap sebelum memberikan arahan dan desain. Pada tahap ini narasi yang dimasukkan adalah narasi sementara yang dibawa oleh sutradara atau yang lainnya.

2. Pratinjau

Proses memeriksa animasi yang telah diedit disebut ‘pratinjau’ atau preview. Tentu saja, Anda harus memeriksa perkembangan struktur/komposisi animasi, selain itu Anda juga perlu memastikan selera atau cara mengekspresikan desain, BGM dan lain-lain, serta memeriksa isi teks (huruf) dan lain-lain. Pada saat yang sama, kami akan mengirimkan beberapa kandidat narator sesuai dengan permintaan Anda untuk dipilih.

 

Mengenai pratinjau, kami juga menyarankan kepada klien untuk memeriksa dengan staf produksi secara langsung seperti di kantor klien karena ada juga nuansa yang sulit diungkapkan hanya dengan kata-kata saja. Klien juga dapat memeriksa sendiri jika berada di tempat terpencil dan lain-lain melalui DVD yang telah dikirimkan atau animasi yang telah diunggah ke server.

3. Edit

Setelah menerima hasil pratinjau, beberapa detail akan diisi dengan mengulang proses edit, penggantian gambar, dan pengoreksian desain, BGM, teks dan lain-lain. Karena jika mencoba mengubah selera pada tahap ini akan memberikan pengaruh besar terhadap jadwal produksi, Anda perlu untuk berkomunikasi satu sama lain dengan merujuk pada animasi dari perusahaan lain pada tahap sebelum pengeditan.

4. MA (Music Production)

Ketika animasi selesai, sebagai langkah akhir, kami akan merekam narasi di studio rekaman, memasukkan BGM, dan mencampur suara akhir. Proses ini disebut MA.

Pengiriman

Tahap 7 Pengiriman

Animasi akan dikirimkan dalam format yang sesuai dengan tujuan dan penggunaan video.

Bentuk pengiriman utama

  • DVD / Blu-ray Disk
  • Data untuk dikirimkan melalui web
  • Rekaman untuk stasiun siaran (iklan TV dll.)
  • VHS
  • Youtube

Pengiriman

Dengan ini video akhirnya selesai!

 

Tetapi video tidak berakhir setelah diproduksi. Dibutuhkan berbagai keterampilan dan teknik untuk mengirimkan video dalam bentuk yang tepat. Penting juga untuk memperhatikan reaksi orang-orang yang menonton video dan memanfaatkannya dalam perencanaan video berikutnya.

 

Di APPKEY, konsultan khusus akan memberikan dukungan secara menyeluruh mulai dari perencanaan, produksi, distribusi, dan peninjauan efek untuk menyelesaikan masalah pelanggan melalui video.

 

Karena konsultasi dapat dilakukan secara gratis, silahkan jangan ragu untuk menghubungi kami.

Telepon: 0361-23-8091 / 0361-474-2460

Jam Kerja Senin – Sabtu dari pukul 9:00 – 17:00 WITA